Dulur - dulur vespa Wilujeng Sumping

Mampukah Piaggio dan Vespa Menggangu Penjualan Honda PCX???

Selasa, 06 Desember 2011

Dag…dig…dug… menanti kehadiran Piaggio Indonesia (ATPM Piaggio di Indonesia) meluncurkan tiga model barunya di tanah air. Kabarnya moment Jakarta Expo, Pekan Raya Jakarta (PRJ) bakal jadi tempat peluncurannya. Hemmm…. bentar lagi ya!!!
Yang bikin makin dag…dig…dug… adalah harganya yang relatif terjangkau!!! Piaggio ZIP akan dijual Rp 12 sampai Rp 16 jutaan. Piaggio Liberty dan Vespa LX dijual antara Rp 19 sampai Rp 25 jutaan. Padahal sebelumnya, saat masuk lewat importir umum (IU), Vespa LX dijual Rp 50 jutaan. Sedang Piaggio Zip dijual 20 Jutaan. Terjun bebas bro banderolnya…!!!
Harga bisa lebih murah karena tidak lagi didatangkan utuh dari Italia, tapi dirakit di Vietnam. Klaimnya sih, standar kualitasnya sama. Jadi lebih murah karena pajak Indonesia dan Vietnam terikat perjanjian Asean Free Trade Agreement (AFTA). Ongkos import jadi bisa ditekan, gitu bro kata ATPM-nya, hehehe…!!!
Nah… Image Vespa dan Piaggio sebagai skutik “lifestyle” sudah sangat kental di Indonesia. Maklum yang naik anak gaul, parkirnya di lobi mall cuiii…!!! Wahhhh….. dengan harga terjangkau, produk Piaggio khususnya Piaggio Liberty dan Vespa LX apakah bisa menjadi saingan berat Honda PCX…???
Kenapa PCX, karena skutik yang satu ini sudah bisa digolongkan skutik premium yang menyasar niche market di level lifestyle. Harganya Rp 32 juta dengan segudang fitur modern seperti injeksi terkini serta auto idling stop, bentuknya pun mewah elegan.
P2R coba analisa dari tiga parameter:
Harga
PCX harganya menjadi lebih mahal dibanding Piaggio Liberty dan Vespa LX. Positifnya, imej PCX justru justru terkatrol karena orang bakal bangga pakai motor mahal. Mahal = branded = sangat dekat dengan lifestyle. Efek negatifnya, karena mahal bisa juga orang jadi malas beli.
Fitur dan Teknologi
Kalau yang ini PCX lebih diunggulkan ketimbang Vespa LX. Sama-sama injeksi bahan bakar, tapi fitur PCX sudah dilengkapi dengan “idling stop system,” mesin mati sendirinya bila berhenti dalam keadaan idle selama 3 detik. Lalu bisa menyala secara otomatis ketika selongsong gas kembali diputar.
Terus magnetnya sudah menyatu dinamo starter, makanya pas di starter hampir tak ada suara. Fitur safety seperti sensor di standar samping tetap ada. Dimensinya pun lebih gambot, ruang bagasinya lebih luas bisa masuk helm full face plus banyak lagi perlengkapan sehari-hari.
Image (imej)
Bicara pasar lifesytle, image sangat penting. Pertanyaanya, mana yang lebih mewakili kehidupan konsumen berduit dan modern? Piaggio Liberty dan Vespa LX atau Honda PCX…??? Menurut Bro & Sis sekalian mana yang lebih cocok disebut skutik lifestyle?


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar